Pocophone F1 Tidak Bisa Digunakan Untuk Nonton Netflix

Ketika kesatu kali diresmikan, Pocophone F1 mendapat sambutan positif dari sekian banyak  pihak. Bagaimana tidak, smartphone tersebut dapat memberikan spesifikasi premium dengan harga miring.

Akan tetapi, belakangan kelemahan Pocophone F1 mulai terungkap. Setelah kameranya sempat bermasalah sebab ada bug pada aplikasi -belakangan sudah dibetulkan lewat update OS-, sekarang terungkap ponsel dari sub-brand Xiaomi tersebut tak mempunyai Widevine L1.

Apa artinya? Secara sederhana, pemakai tak dapat mengakses kualitas video HD saat menjajal layanan streaming semacam Netflix, Hulu, Hooq, dan semacamnya.

Widevine L1 ialah sistem yang meyakinkan aliran video tidak dapat dicatat secara ilegal. Ada tiga level Widevine, namun untuk mengakses video resolusi 720p (HD) ke atas memerlukan L1.

Pocophone muncul dengan Widevine L3 yang melulu memungkinkan streaming video 540p. Bagus atau tidaknya kualitas tersebut mempunyai sifat subjektif, tergantung kelaziman masing-masing pemakai.

Sejatinya masalah ketiadaan Widevine L1 bukan hanya milik Pocophone F1, namun juga sejumlah lini Xiaomi. Sebut saja Mi 8, Mi A1, dan Redmi Note 4 yang masih nyaman dengan Widevine L3, sebagaimana dihimpun dari pro.co.id GSMArena.

Terlepas dari kelemahan ini, Pocophone F1 masih unik untuk menjadi pertimbangan ketika berkeinginan membeli ponsel baru. Pasalnya, spesifikasi yang tenggelam di dalamnya berkelas wahid.

Chipsetnya memakai seri terbaru, Snapdragon 845, baterainya berkapasitas 4.000 mAh, kamera gandanya dicantumkan teknologi kepintaran buatan, serta terdapat sistem pendingin berbasis cairan yang menjaga supaya performa ponsel tak menurun seiring umur pemakaian.