Dalam mengajarkan buah hati tercinta supaya mau menggosok gigi sendiri itu memang gampang-gampang susah ya bund. Tak sedikit para bunda yang jadi senewen atau pun kesal lantara anaknya sulit sekali diajak menggosok gigi, bahkan menolak dengan cara menangis atau pun menutup mulutnya rapat-rapat. Lantas, apa Anda boleh menyerah dan membiarkan gigi buah hatin kotor serta jadi berlubang? Jangan dong bund! Mari simak langkah cerdas ini dalam mengajari sih kecil menggosok gigi.

Langkah Cerdas Mengajari Anak Menggosok Gigi
Langkah Cerdas Mengajari Anak Menggosok Gigi

Langkah cerdas mengajari anak menggosok gigi

  • Cari tahu apa penyebab anak menolak menggosok gigi. Setelah itu langkah yang harus Anda lakukan adalah mengkomunikasikan hal yang satu ini dengan anak Anda, dan ajak anak untuk periksa gigi secara rutin ke dokter gigi sejak dini.
  • Berusaha selalu ceria ketika ajak anak menggosok gigi. Dalam menerapkan disiplinn pada sih kecil pasti saja akan membutuhkan kesabaran yang ekstra, termasuk halnya pada saat mengajarkan anak untuk menggosok gigi seperti ini. Tujukan saja aura yang positif pada sih kecil dan hindarilah kalimat yang bernadakan perintah apalagi sampai memarahinya.
  • Dampingi anak Anda dan jangan lupa untuk memberi contoh cara menggosok gigi yang baik dan benar. Para ahlii mengatakan bahwasannya salah satu metode untuk mendidik atau pun mengajari anak adalah modeling, yakni dengan cara memberikan secara langsung. Cara satu ini dikatakan jauh lebih banyak berhasil menjadikan anak mau menggosok gigi daripada orangtua hanya menyuruh tanpa dampingi anaknya.
  • Ajarkan dengan kata-kata mendidik bahwasannya gigi yang tak disikat atau dibersihkan akan sebabkan bau mulut serta sakit gigi. Hindarilah mengajari anak Anda dengan memberi ancaman atau pun menakut-nakuti, contohnya saja dengan kalimat yang seperti ini “awal jika tidak mau menggosok gigi nanti disuntik sama dokter gigi lho”. Kalimat tersebut tak akan efektif di dalam mengajak sih kecil mau menggosok gigi, malahan akan menjadikan anak Anda semakin takut ke dokter gigi.
  • Anak usia di bawah 2 tahun masih belum bisa berkumur dan juga memiliki kemampuan untuk meludah yang baik. Oleh sebab itulah, di usia tersebut anak masih belum perlu dibiasakan untuk menggunakan pasta gigi. Walaupun diklaim akan untuk anak-anak, pasta gigi dibuat daric ampuran bahan-bahan yang merupakan bahan kimia serta bisa timbulkan efek samping bila tertelan. Cukup menggunakan sikat gigi dan juga air hangat 2 kali sehari, di saat pagi dan juga malam hari.

Nah, itulah tadi beberapa langkah cerdas mengajari anak menggosok gigi yang bisa kami informasikan untuk Anda semuanya. Semoga saja langkah-langkah tersebut bermanfaat dan menginspirasi ya. sumber : https://www.gurupendidikan.co.id/contoh-surat-kuasa/