Buah hati tercinta masih kecil, memang perlu ya diajari atau dilatih untuk menggunakan tolilet sendiri? Hemmm…. Untuk bisa menjawab pertanyaan yang satu ini simak dulu ulasan ini ya bund.

Tips Cerdas Melatih Anak Menggunakan Toilet
Tips Cerdas Melatih Anak Menggunakan Toilet

Perlu bunda tahu nih, dalam membiasakan sih kecil untuk bisa menggunakan toilet sendiri memang menjadi pengalaman yang tak pernah tergantikan. Deg-deg an juga iya ya bund pada saat melepas diapers dengan celana dalam biasa memang akan dapat mempengaruhi perkembangan psikolog bagi anak-anak. Pasti saja perubahan yang satu ini juga akan berdampak kepada perkembangan sih anak itu sendiri.

Nah, untuk bisa mengganti diapers dengan celana biasa supaya anak lebih terbiasa untuk bisa menggunakan toilet sendiri memang perlu latihan dan kesabaran ekstra bagi orangtuanya. Anda juga tak bisa memaksakan anak untuk mengganti kebiasaan tersebut secara cepat dan instan, semuanya membutuhkan latihan dan proses.

Dan di bawah ini adalah beberapa cara mudahnya untuk melatih sih kecil supaya terbiasa menggunakan toilet sendiri. Mari simak tipsnya berikut ini.

Tips cerdas melatih anak menggunakan toilet

  • Walaupun tak mudah rasanya untuk bisa membiasakan anak Anda buang air kecil dan juga buang air besar di toilet, tetapi yang demikian ini bukan berarti Anda harus menyerah begitu saja ya bund. Buatlah suasana senyaman mungkin saat di toilet seperti halnya dengan menempelkan beberapa sticker kesukaan anak Anda di dalam toilet. Selain itu, Anda juga bisa mendesain toilet jadi lebih menarik lagi, sehingga anak Anda merasa lebih nyaman.
  • Pada saat anak Anda mulai siap untuk menggunakan toilet, ajaklah dia untuk mengenal kegiatan yang satu ini. Latih anak Anda untuk buang air kecil dan air besar di toilet. Awalnya mungkin saja anak Anda akan merasa kurang nyaman, akan tetapi jika Anda rutin melatihnya, maka dia akan terbiasa untuk melakukan hal tersebut.
  • Ingatkan anak Anda pada saat merasa perutnya mulas untuk pergi ke toilet. Anda dapat mengatakan pada anak Anda yang seperti ini “bila perut adik mulas dan rasanya ingin buang air besar, segera pergi ke toilet ya sayang”. Mengingatkan hal yang satu ini juga akan melatih anak Anda untuk buang air kecil dan air besar di toilet.
  • Tak perlu memberikan hukuman ya bund pada saat anak Anda tak mau melakukan hal yang benar pada saat buang air kecil dan air besar. Sebab hukuman ini malah akan menjadikan anak Anda jadi takut dan juga tertekan. Terus ingatkan anak Anda dengan cara lembut, dan hindari membentaknya.

Demikianlah tips cerdas melatih anak menggunakan toilet yang bisa kami informasikan. Semoga saja bermanfaat. sumber : www.dosenpendidikan.com