Panduan Budidaya Pohon Gaharu

Pohon Gaharu merupakan model tanaman yang tergolong ringan untuk dibudidayakan. Karena pohon gaharu dapat tumbuh terhadap model tanah apapun. Tidak tersedia syarat-syarat tertentu mengenai model tanah yang dapat digunakan untuk menanam pohon gaharu ini. Hampir semua model tanah dapat dijadikan lahan untuk Budidaya Pohon Gaharu, asalkan bukan tanah yang terendam air layaknya tanah lumpur dan rawa.

Panduan Budidaya Pohon Gaharu

Pohon gaharu merupakan tanaman yang hasil produksinya berwujud kayu yang dimanfaatkan untuk memenuhi kepentingan sehari-hari. Hasil memproses pohon gaharu berwujud kayunya mempunyai harga yang lumayan mahal. Bahkan dapat dibilang bahwa harga kayu gaharu merupakan kayu termahal, dapat raih puluhan juta per kilonya.

Gaharu merupakan sebuah nama kayu berasal dari model pohon genus Aquilaria, yang merupakan bagian familiki Thymelaeaceae. Pohon dan kayu gaharu punya kandungan resin yang mempunyai aroma yang harum. Maka tidak heran terkecuali kayu gaharu ini terlalu kondang dan kerap digunakan di dalam industri pembuatan obat-obatan dan industri kosmetik.

Keberadaan pohon gaharu sekarang ini sudah jadi langka. Sehingga kayu gaharu yang merupakan hasil memproses berasal dari pohon gaharu terhitung tambah sukar ditemui. Padahal kayu gaharu merupakan tidak benar satu komoditas ekspor andalan berasal dari Indoneia. Oleh karena itu, CITES pun selagi ini mengatur bersama terlalu ketat perdagangan kayu gaharu.

Kayu gaharu yang sudah berumur tua bakal menghasilkan gubal. Gubal secara normal bakal terbentuk dikala pohon gaharu berusia 25 tahun dikala pohon gaharu terinfeksi mikroba model fusarium sp. Gubal inilah yang nantinya bakal mempunyai harga jual terlalu tinggi dan terlalu mahal. Karena untuk beroleh sebuah gubal berasal dari pohon gaharu memakan selagi yang terlalu lama, maka terhadap perkembangannya sekarang ini kayu gaharu dapat dipanen dikala umur 5 tahun. Kayu gaharu yang dipanen oada umur itu, sesudah itu disuntikkan mikroba ke di dalam batang pohonnya, supaya lebih cepat menghasilkan gubal.

Selain kondang karena memproses kayunya, gubal berasal dari pohon gaharu terhitung dapat dimanfaatkan sebagai bahan basic pembuatan accessories dan parfum. Kualitas parfum yang berbahan baku kayu gaharu ini terlalu baik. Telah banyak parfum bermerk kondang mengfungsikan kayu gaharu sebagai bahan basic pembuatannya.

Pohon gaharu dapat tumbuh subur terhadap te,pat bersama ketinggian 0 hingga 1200 mdpl. Pohon gaharu terhitung tetap dapat hidup terhadap ketinggian lebih berasal dari 1200 mdpl bakal namun pertumbuhannya bakal kurang maksimal. Berikut ini sebagian perihal yang wajib diperhatikan selagi jalankan budidaya pohon gaharu supaya beroleh hasil panen yang maksimal.

Cara Budidaya Pohon Gaharu
Pemilihan Bibit Gaharu
Ketika bakal jalankan budidaya pohon gaharu, yang pertama kali wajib dipersiapkan adalah bibitnya. Untuk beroleh pohon gaharu bersama mutu baik dan unggul, maka wajib digunakan bibit yang unggul dan berkwalitas pula. Biasanya para petani pohon gaharu beroleh bibitnya berasal dari petani lain atau pihak-pihak yang sedia kan bibit pohon gaharu.

Berikut sebagian perihal yang wajib diperhatikan dikala pilih bibit gaharu yang berkwalitas baik :

Pilih bibit yang sehat dan tidak berpenyakit atau diserang hama
Pilih bibit bersama diameter sedikitnya 1 cm dan tinggi sedikitnya 20-30 cm
Kriteria bibit tersebut merupakan bibit yang ideal untuk dibudidayakan
Pengolahan Lahan
Pohon gaharu tidak butuh lahan khusus. Yang wajib diperhatikan adalah jarak tanamnya. Ukuran jarak tanam yang ideal adalah 3 x 3 meter. Dengan ukuran jarak tanam tersebut di dalam 1 hektar tanah dapat ditanami sebanyak 1.111 pohon gaharu. Ukuran jarak tanam terhitung dapat disesuaikan bersama kebutuhan.

Media Tanam
Untuk menanam pohon gaharu, dibikin lubang tanam ukuran 30 x 30 x 30 cm. Ukuran tersebut merupakan ukuran lubang tanam yang ideal, namun dapat disesuaikan terhitung bersama kebutuhan. Lubang tanam dibikin sedikitnya 2 minggu sebelum akan penanaman. Tambahkan pupuk kandang terhadap lubang tanam untuk mempercepat perkembangan pohon gaharu. Dosis pupuk disesuaikan bersama persentase yang tertulis terhadap kemasan. Waktu paling baik untuk menanam bibit gaharu ditunaikan terhadap selagi pertengahan musim hujan. Untuk tingkatkan mutu tanah terhadap media tanam supaya menghasilkan bibit gaharu yang baik, mengfungsikan SUPERNASA dan Natural GLIO.

Pembuatan Naungan
Bibit gaharu yang baru ditanam butuh naungan untuk melindungi tanaman berasal dari sinar matahari dan air hujan secara langsung dan juga untuk kurangi penguapan air yang berlebihan. Atap naungan dapat dibikin berasal dari jerami atau daun yang berukuran lebar.

Tahap Perawatan Pohon Gaharu
Lakukan pemupukan pohon gaharu ditunaikan 3 bulan sekali atau 6 bulan sekali. Pemupukan mengfungsikan kompos sebanyak 3 kg atau mengfungsikan pupuk SUPERNASA Granule untuk perkembangan tanaman secara maksimal. Pemupukan ditunaikan lewat pendangiran di bawah canopy. Pemakaian pupuk kimia layaknya NPK dan pupuk majekmuk dapat ditambahkan tiap tiap 3 bulan sekali setelah tanaman berumur 1 tahun bersama dosis rendah yakni 5 gram per tanaman. Kemudian dosisnya dapat disempurnakan cocok besar batang pohon gaharu. Teknik pemupukan pohon gaharu hampir sama bersama pemupukan terhadap Budidaya Sengon.

Hama tanaman yang kerap menyerang pohon gaharu yakni hama kutu putih. Kutu putih hidup di permukaan bawah daun andaikata kondisi lingkungan lembab. Pencegahan yang dapat ditunaikan yakni bersama jalankan pemangkasan pohon pelindung dan pruning supaya terkena sinar matahari, diikuti bersama penyemprotan pestisida organik Natural Pentana. Bersihkan gulma, rumput liar dan tanaman pengganggu lainnya tiap tiap 3 bulan sekali atau cocok kondisi lapangan.

Perawatan pohon gaharu setelah itu yakni pemangkasan. Pemangkasan pohon ditunaikan dikala tanaman berumur 3-5 tahun. Lakukan pemangkasan bersama memotong cabang bagian bawah dan sisakan 4-10 cabang atas. Pucuk tanaman dipangkas, biarkan lebih kurang 5 m untuk dipelihara supaya lebih memudahkan pekerjaan inokulasi gaharu. Untuk mempercepat perkembangan pohon gaharu, jalankan penyemprotan mengfungsikan pupuk organik Greenstar bersama dosis cocok terhadap kemasan yang tertera.