5 Cara Terbebas dari Kecanduan Game

Bermain game sesungguhnya menyenangkan. Saking menyenangkannya, bisa membuat kita lupa diri dan lalai dalam menyesuaikan sementara alias tidak bisa membatasi diri. Layaknya orang yang sakau, begitu pula orang-orang yang terlanjur kecanduan game. Pada dasarnya, suatu hal yang berlebihan adalah buruk.

5 Cara Terbebas dari Kecanduan Game

Teknologi sesungguhnya tawarkan banyak kelebihan dan kecanggihan, namun jikalau tidak digunakan dalam pengecekan yang benar dapat mengakibatkan dampak yang terlampau negatif.

Bermain game yang berlebihan nyatanya dapat mendatangkan malapetaka dalam kehidupan kita. Kesehatan jasmani dan rohani dapat jadi taruhannya. Nah, bagi Anda yang dambakan lepas dari kecanduan game, selanjutnya adalah tips dari kami.

Atur jadwal

Bermain game bukanlah hal yang melanggar hukum. Akan tetapi, jikalau dikerjakan secara berlebihan dapat mengakibatkan dampak yang tidak baik bagi diri sendiri maupun orang terdekat. Dalam hal ini, Anda tidak bisa lepas dari game begitu saja, prosesnya tidak semudah itu.

Tips pertama yang wajib Anda bisa lalui adalah bersama dengan menyesuaikan sementara bermain. Jadwalkan sementara bermain Anda, jika Sabtu sore atau Minggu pagi. Jangan sekali-kali bermain game di hari lain tak sekedar yang udah Anda tetapkan tadi, meskipun cuma sebentar. Jika Anda bisa lakukan tips pertama ini, mari lanjut ke tips yang kedua.

Gunakan timer

Ketika Anda bisa menjadwal sementara bermain game, kini Anda wajib bisa menyesuaikan berapa lama sementara yang Anda gunakan. Dilansir dari sebagian sumber, sementara bermain game yang sehat adalah tidak lebih dari dua jam.

Seperti halnya rental PS ataupun warnet, Anda bisa memasang timer tertentu sebagai berarti bahwa sementara bermain game Anda udah habis. Awalnya, hal ini mungkin merasa sulit untuk dilakukan. Ketika perangkat mati-pun, Anda bisa menyalakannya dan bermain lagi. Karenanya, coba untuk jujur pada diri Anda sendiri.

Bulatkan tekad

Dua hal di atas wajib di dukung bersama dengan hati dan pendirian yang teguh. Jangan plin-plan dan bimbang. Anda wajib menyebabkan prinsip pribadi dalam diri Anda sendiri untuk beralih dan berhenti dari kecanduan game.

Pegang prinsip itu, jangan sekali-kali melanggar peraturan atau prinsip yang udah Anda buat. Ketika godaan bermain game datang, jalan paling baik adalah merenung dan ulang meneguhkan hati untuk tidak tergoda.

Alihkan, jangan hindari

Ketika Anda udah sukses lakukan tiga hal di atas, tips selanjutnya yang wajib Anda lakukan adalah mengalihkan kesibukan bermain game ke hal-hal yang lebih positif. Pastikan hal itu tidak terkait bersama dengan PC, smartphone, atau perangkat lain yang Anda pakai untuk bermain game.

Ada banyak kebahagiaan dan kesenangan yang bisa Anda nikmati di luar sana. Misalnya bermain musik bersama dengan teman, mendaki gunung, touring, olahraga, berlibur, dan masih banyak hal lain.

Ada quote menyatakan bahwa “semakin Anda menghindari, maka tambah Anda terikat”. Oleh karena itu dapat jauh lebih efektif jikalau Anda mengalihkan kebiaaan bermain game tersebut, bukan justru menghindari

Hargai diri sendiri

Untuk keluar dari jerat game, Anda perlu sebuah motivasi. Anda bisa memeroleh sebuah dorongan dari luar atau dari dalam diri Anda sendiri. Motivasi yang Anda peroleh dari dalam diri Anda sendiri kadangkala jauh lebih powerful.

Nah, untuk itulah Anda bisa mengimbuhkan hadiah tertentu atau penghargaan kepada diri Anda sendiri ketika Anda sukses lepas dari kecanduan game. Percaya atau tidak, ini dapat memperkuat prinsip Anda untuk lepas dari jerat game yang mengekang hidup Anda.