Komedo Di wajah Bikin Penampilan Kamu Enggak Banget

Komedo Di wajah Bikin Penampilan Kamu Enggak Banget

 

Komedo yang ada pada wajah dibagi menjadi dua jenis

yaitu komedo putih dan komedo hitam. Meski keduanya sama-sama mengganggu, namun bagi banyak orang menganggap komedo hitam yang membuat tidak nyaman. Ya, pasalnya komedo hitam terlihat secara kasat mata dan memengaruhi penampilan. Tentunya kalian tidak ingin mengalami hal seperti itu bukan?

Perlu diketahui, bahwa munculnya komedo disebabkan oleh minyak berlebih pada wajah dan sel-sel kulit mati yang menumpuk serta menyumbat pori-pori. Apabila dibiarkan komedo yang menumpuk itu akan menjadi jerawat.

Untuk mengatasi hal tersebut, kalian harus rajin-rajin mencuci dan membersihkan wajah dua kali sehari. Namun jika ingin memberikan perawatan lebih pada wajah dan ingin mendapatkan hasil maksimal, kalian bisa menggunakan bahan-bahan alami di rumah. Bahkan kalian tidak usah repot-repot facial ke salon dan mengeluarkan biaya lebih untuk menghilangkan komedo, lho.

Menggunakan tomat

Selain bisa dimakan dan menyehatkan tubuh, tomat bisa menghilangkan komedo yang bersarang di wajah. Kandungan antioksidan yang ada pada tomat diyakini ampuh untuk membunuh bakteri-bakteri yang masuk ke dalam pori-pori wajah. Selain itu, tomat bisa mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk pada wajah. Caranya sangat sederhana, hancurkan tomat dengan diblender atau ditumbuk, lalu oleskan pada wajah. Gunakan masker tomat secara rutin supaya mendapatkan hasil yang maksimal.

Menggunkan putih telur

Komedo dapat muncul akibat produksi minyak berlebih pada wajah dan sel-sel kulit mati yang menumpuk. Bila dibiarkan secara terus-menerus akan membuat kulit wajah terlihat kusam dan kasar. Untuk mengatasi hal tersebut kalian bisa menggunakan putih telur sebagai masker wajah alami. Pasalnya putih telur diyakini sangat ampuh membasmi komedo pada wajah.

Selain itu putih telur mengandung asam amino serta asam folat yang bisa mengecilkan pori-pori pada wajah dan mengurangi minyak berlebih pada wajah. Caranya oleskan putih telur pada wajah yang berkomedo, kemudian lapisi dengan tissu. Ulangi hal tersebut hingga dua atau tiga kali, diamkan hingga mengeras dan mengering, lalu lepaskan.

Lidah Buaya

Umumnya lidah buaya diketahui ampuh untuk menumbuhkan rambut atau mempertebal rambut. Namun pada kasus ini, ternyata lidah buaya mampu menghilangkan komedo yang selama ini menjadi musuh bagi kaum hawa. Kandungan zat saponin dan astrigent pada lidah buaya bisa membunuh bakteri dan mikroba yang ada pada wajah setiap manusia. Selain itu gel yang ada pada daging lidah buaya, diyakini ampuh mengurangi minyak berlebih pada wajah yang mengakibatkan munculnya komedo.

Cara menggunakannya juga mudah, pertama kupas lidah buaya, kemudian oleskan gel yang ada pada daging lidah buaya pada wajah, diamkan selama 30 menit. Setelah itu bilas wajah dengan air bersih, untuk hasil yang maksimal lakukan hal tersebut secara rutin 2-3 kali seminggu.

Uap dari air panas

Uap dari air panas ternyata mampu membuka pori-pori sehingga kotoran serta komedo yang ada pada wajah lebih mudah untuk terangkat. Kali ini, jangan lupa juga siapkan plester pengangkat komedo atau porepack komedo. Cara menggunakannya juga sangat mudah, pertama siapkan air panas pada mangkuk, kemudian arahkan wajah kalian pada mangkung yang berisi air tersebut agar uap mengenai wajah. Setelah lembab tempelkan pore pack komedo pada hidung, tunggu 15 menit lalu lepaskan pore pack.

Pasta gigi

Umumnya pasta gigi digunakan untuk menggosok gigi agar bersih dan putih. Di sisi lain pasta gigi juga bisa digunakan untuk mengangkat komedo pada wajah yang membandel. Carilah pasta gigi yang mengandung bahan-bahan alami atau herbal, karena sebagian pasta gigi ada yang megandung beberapa zat kimia dan tidak alami.

Jika kalian ingin mencobanya di rumah, caranya juga cukup mudah. Pertama oleskan pasta gigi pada bagian wajah yang berkomedo, kemudian diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air bersih.

Madu

Selain memiliki rasa manis dan bisa bisa dikonsumsi sebagai penambah stamina, madu juga dipercaya dapat menghilangkan komedo yang menumpuk pada wajah. Madu bisa dioleskan secara langsung pada wajah, atau dicampurkan dengan bahan-bahan alami lain seperti jeruk nipis atau oatmeal sebagai scrub alami. Caranya oleskan madu pada wajah dan diamkan selama 10 hingga 15 menit, kemudian bilas dengan ait hangat.

Baca Juga :