Penyebab Kerusakan Hardisk

Penyebab Kerusakan Hardisk
Penyebab Kerusakan Hardisk

Penyebab kerusakan hardisk bisa disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya :

  • Pembuatan partisi dengan software tambahan dan terjadi kesalahan pembuatan partisi yang berulang-ulang.
  • Penginstallan Windows yang terlalu sering sehingga terjadi pemformatan hardisk diatas batas maksimum pemformatan.
  • Penyimpanan data yang melebihi batas maksimum dari total space yang dianjurkan.
  • Restart komputer dengan menekan tombol reset yang berlebihan
  • Windows yang terkena virus system memory yang menyebabkan komputer jadi lemot/lambat bahkan terjadi hang dan di matikan atau di reset paksa pada saat posisi hardisk dalam keadaan runing software yang belum tuntas.

 

Kekurangan tegangan listrik dari power supply

Yang menyebabkan aus pada silinder hard disk akibatnya boot sector pada track 0 mengalami kegagalan reading / bad sector pada track 0. Keseringan cabut pasang yang mengakibatkan port ata / s-ata jadi longgar bahkan copot begitupun pada kabel power yang terdapat pada hard disk.

Kegagalan produksi pada board hardisk, yang mengakibatkan hardisk tidak terbaca sama sekali.

Sering restart karena tegangan listrik turun naik yang tidak stabil itupun bisa menyebabkan error pada windows maupun operating system lainnya dan masih banyak lagi penyebab kerusakan pada hard drive / hard disk pada komputer anda.

Cara mencegah supaya hard drive bisa bertahan lebih lama :

  • Hindari pembagian partisi dengan software karena tools dari OS windows pun sudah disediakan dan kegunaannya pun sama aja, karena pada software partisi ada beberapa bahaya karena adanya bug / kesalahan program yang menyebabkan kegagalan partisi.
  • Hindarkan penumpukan dari penyimpanan data yang tidak terorganisir yang mengakibatkan double data dan pada akhirnya hardisk penuh yang akibatnya hang trus restart ulang secara paksa.
  • Defragment secara teratur dan hapus file-file yang dianggap sudah tidak diperlukan di artikel sebelumnya penah saya tulis tentang optimalisasi windows yang bisa membantu meningkatkan proforma dari system operasi.

 

Pakailah stabilizer untuk mencegah kemungkinan ketidak stabilan

Listrik yang ada di rumah anda, mencegah lebih baik dari pada membeli lagi. Jika tidak terlalu penting banget jangan terlalu sering Install windows dan keseringan mencabut hardisk kecuali pada saat cleaning cpu, karena itu bisa mengakibatkan kelonggaran pada kabel power maupun kabel datanya dan pada akhirnya tegangan pada board hardisk tidak maksimum.

Update dan scan komputer anda supaya bisa tetap termonitor dari bahaya virus yang ada dan tidak terdeteksi sebelumnya. baca artikel tentang cara kerja anti virus.

Sumber : https://www.dosenmatematika.co.id/