Unpad Fokus Konservasi Laut

Unpad Fokus Konservasi Laut

Rektor Universitas Padjadjaran (Unpad) mengatakan konservasi laut

menjadi fokus Unpad di bidang kelautan. Fokus ini menjadi ciri khas dari ilmu kelautan Unpad dibandingkan perguruan tinggi lainnya.

“Jarang yang fokus ke sini. Kebanyakan aktivitas larinya ke eksplorasi, sumber daya. Kami disamping menjalankan Pola Ilmiah Pokok, mencari yang jarang dilakukan, yaitu konservasi laut,” kata Rektor dalam festival Membumikan Laut di Unpad, Selasa (26/2).

Pengembangan program studi di bidang kelautan merupakan upaya Unpad dalam “mendekatkan” generasi muda dengan laut. Sejak 2016, Unpad telah membuka Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) di Kabupaten Pangandaran. Salah satu program studi yang dibuka di PSDKU Pangandaran adalah Ilmu Kelautan.

“Di era sekarang kami mendorong sebanyak mungkin generasi milenial

mencintai laut. Kami ingin menempatkan laut sebagai wajah negara kita sekuat mungkin dengan pendekatan akademik,” tutur Rektor.

Gubernur Ridwan Kamil dalam acara yang sama mengatakan, Pemprov mendorong sektor kelautan di Jawa Barat menjadi primadona. Saat ini, Kabupaten Pangandaran tengah didorong untuk menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Tidak hanya pariwisata dan infrastruktur, pengembangan KEK juga akan didorong dengan sejumlah riset di bidang kelautan.

Pembukaan prodi ini merupakan respons Unpad untuk berkontribusi

menghasilkan sumber daya yang kompeten di bidang konservasi laut. Dekan FPIK Unpad Dr. Yudi Nurul Ihsan mengatakan, prodi ini berperan dalam menyiapkan sumber daya yang andal dalam mewujudkan dan mengelola kawasan konservasi laut (KKL) yang ditargetkan Pemerintah.

“Sebagai negara dengan 2/3 wilayahnya adalah lautan, Indonesia sangat membutuhkan sumber daya manusia yang kompeten di bidang konservasi laut. Apalagi Pemerintah telah menargetkan membangun 20 juta hektare KKL,” katanya. jo

 

Sumber :

https://blog.fe-saburai.ac.id/kulit-berfungsi-sebagai-alat-ekskresi-karena/