Biografi Singkat Ludwig Eduard Boltzmann : Fisikawan Austria

Biografi Ludwig Eduard Boltzmann

Ludwig Eduard Blotzmann (1844 – 1906) lahir di Wina. Ia belajar di perguruan tinggi yang ada di sana. Ia mengajar pada berbagai institusi di Austria dan Kekaisaran Prusia, kemudian berpindah dari satu institusi ke institusi lain. Ia berhasil menegakkan dasar yang kuat untuk mekanika statsitik. Salah satu hasil yang diraihnya adalah penafsiran hukum II termodinamika yang dinyatakan dengan keteraturan dan ketidakteraturan, hukumnya S = k log W yang mengaitkan entropi S dari suatu sistem dengan kemungkinan diukirkan pada batu kuburannya.
Pada 1884, ia menurunkan rumus R = eoT2 dari termodinamika. Rumus yang menyatakan laju radiasi benda hitam ini juga ditemukan oleh Joseph Stefan, mantan gurunya, secara eksperimental 5 tahun sebelumnya. Boltzmann merupakan ahli dalam teori atomik materi, suatu bidang yang masih banyak dipertentangkan oleh ilmuwan pada abad ke-19, dan perdebatan dengan orang yang bertentangan telah membuat perasaannya tertekan, meski sebenarnya banyak dukungan yang diberikan kerabat kerja.
Akan tetapi, di balik semua kesuksesannya, Boltzmann menderita gangguan bipolar. Sebuah derita yang kemudian menyebabkannya bunuh diri. Ia bunuh diri saat berlibur bersama keluarganya. Ia dimakamkan di Wina. Pada nisannya terdapat guratan. Baca Juga : https://www.gurupendidikan.co.id/surat-kuasa/