Dorong Peningkatan Kepesertaan BPJS Kesehatan

Dorong Peningkatan Kepesertaan BPJS Kesehatan
Dorong Peningkatan Kepesertaan BPJS Kesehatan

 

BANDUNG – Koordinator Nasional Masyarakat Peduli Badan Penyelenggara

Jaminan Sosial (MP BPJS), Hery Susanto, Msi mengatakan, awal Januari 2019, seluruh warga negara Indonesia, kurang lebih 265 juta jiwa wajib menjadi peserta BPJS Kesehatan.

“Sedangkan sekarang baru mencapai kurang lebih 165 juta jiwa warga negara Indonesia yang sudah menjadi peserta BPJS Kesehatan atau 100 jutaan lagi belum menjadi peserta,” kata Hery Susanto di Bandung kepada jabarprov.go.id.

Hery menjelaskan, saat ini BPJS Kesehatan hanya mempunyai 11 kantor wilayah

atau tidak sampai semua provinsi dan 120 cabang atau tidak sampai ke semua kabupaten/kota.

“Kalau dengan 11 kantor wilayah dan 120 cabang bagaimana mereka sanggup menyelesaikan tugas konstitusi untuk pelayanan BPJS Kesehatan secara menyeluruh warga negara Republik Indonesia kalau tidak ada partisipasi masyarakat. Apalagi untuk menjangkau masyarakat sampai ke pelosok pedesaan,” katanya.

Karena itu, lanjut Hery, Masyarakat Peduli BPJS tampil

untuk membantu mendorong partisipasi masyarakat dalam peningkatan kepesertaan BPJS Kesehatan.

“Caranya, kita kan punya jaringan, dari wilayah sampai ke cabang, sosialisasi door to door, kemudian program-program kemitraan di lapangan yaitu para koordinator cabang dengan masing-masing kantor cabang BPJS. Ya tentu saja ini tidak cukup dengan MP BPJS saja. Artinya, ini perlu partisipasi dari seluruh elemen warga negara, termasuk ormas maupun LSM-LSM. Tapi, gerakan ini dimotori oleh MP BPJS,” katanya. (Adi)

 

Sumber :

http://softwarelivre.org/ojelhtc88/blog/apa-itu-tabel-periodik