Pengertian Seni Rupa

Pengertian Seni Rupa
Pengertian Seni Rupa

 

 

Unsur unsur seni rupa; Pengertian seni rupa murni;

unsur seni rupa; fungsi seni rupa; seni rupa murni; seni rupa modern; pengertian seni rupa, pengelompokan seni rupa, pembagian seni rupa.

Selamat pagi, kali ini kita akan membahas tentang seni rupa yaitu pengertian seni rupa, unsur unsur seni rupa serta fungsi seni rupa itu sendiri.

Apa Pengertian Seni Rupa

Sederhananya, pengertian seni rupa adalah cabang seni yang membuat objek yang dapat dinikmati terutama melalui bentuknya.
Dikutip dari wikipedia indonesia, pengertian seni rupa adalah cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang bisa ditangkap mata dan dirasakan dengan rabaan. Kesan ini diciptakan dengan mengolah konsep titik, garis, bidang, bentuk, volume, warna, tekstur, dan pencahayaan dengan acuan estetika.
Ada yang mengelompokkan seni rupa dalam tiga bagian yaitu seni rupa tradisional, seni rupa modern dan seni rupa kontemporer.

Pengertian seni rupa yang tradisional adalah

seni rupa yang dibuat dengan mengikuti pola pola, aturan, atau “pakem

tertentu yang menjadi pedoman seni dan dibuat berulang ulang tanpa merubah bentuk aslinya. Adapun aturan aturan yang dimaksud berhubungan dengan bentuk, pola, corak, penggunaan warna, bahan, dan ukuran.Aspek aspek dalam berkarya seni rupa tradisional seperti pengertian seni rupa tradisional diatas masih bertahan hingga saat ini.

Pengertian  seni rupa modern adalah

seni rupa yang mengutamakan kreativitas dan inovasi sehingga menciptakan sesuatu yang baru. Seni rupa modern meninggalkan aturan aturan yang ada terhadap seni rupa tradisional.
Pengertian seni rupa kontemporer adalah seni rupa yang dipengaruhi oleh kreativitas dan kekinian yang terjadi seperti kondisi sekitar seperti keadaan politik dan lainnya.