Iman Usman, Ciptakan Revolusi Belajar lewat Ruangguru

Iman Usman, Ciptakan Revolusi Belajar lewat Ruangguru
Iman Usman, Ciptakan Revolusi Belajar lewat Ruangguru

Menyambut hari Sumpah Pemuda, Ruangguru sebagai penyedia layanan jasa dan konten

pendidikan berbasis teknologi terbesar di Indonesia, terus berinovasi memperluas layanannya bisa menjangkau lebih banyak pelajar Indonesia.

Inovasi terbaru diluncurkan pada Selasa (24/10) lalu, yaitu produk “ruangbelajar”. Ruangbelajar adalah sebuah platform yang dilengkapi dengan ribuan video materi dan pembahasan, dengan lebih dari 1.200 total sub-topik untuk semua jenjang.

Siswa dapat memilih learning journey berdasarkan kelas dan mata pelajaran yang diminati, serta sub topik yang ingin dikerjakan.

Dilengkapi kuis, latihan soal serta rangkuman berbentuk infografis yang menarik, ruangbelajar menjadi media belajar yang interaktif. Co-Founder dan CPO Ruangguru Iman Usman mengatakan, Indonesia punya lebih dari 52 juta murid dan 4 juta guru.

Namun demikian, berdasarkan hasil literasi yang diterbitkan lembaga Program for International

Student Assessment (PISA) tahun 2015 lalu, kualitas pendidikan di Indonesia saat ini menduduki peringkat ke-69, dari 76 negara yang tergabung.

“Hal itulah yang mengilhami kami untuk membuat ruangbelajar, yaitu sebuah produk yang memungkinkan setiap siswa untuk mengakses berbagai macam konten pembelajaran yang disusun dengan menggunakan metode based learning journey,” ujar Iman saat acara launching ruangbelajar di kantor Ruangguru di kawasan Tebet, Selasa (24/10).

Iman, yang berhasil masuk dalam jajaran pengusaha sukses di bawah 30 tahun melalui Forbes 30 under 30 itu mengaku, ruangbelajar dikembangkan kurang lebih dalam 1 tahun.

“Pengembangan tersebut untuk memastikan konten tersebut tidak hanya membantu siswa, untuk memahami pelajaran yang disampaikan, tetapi juga menyenangi kegiatan belajar,” tutur dia.

Pembuatan konten dalam ruangbelajar melibatkan lebih dari 100 putra-putri terbaik lulusan universitas top di Indonesia

seperti UI, ITB, UGM.

Termasuk universitas top di dunia seperti Harvard University, Stanford University, Columbia University, Oxford University, National University of Singapore, Nanyang Technological University.

Kesemuanya disusun berdasar kurikulum dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013 Revisi dan SKLUN terbaru.

Di sisi lain, Co-Founder & CEO Ruangguru Belva Devara mengungkapkan, ruangbelajar menyediakan konten yang lengkap dan sesuai dengan kurikulum.

Dengan keuntungan bisa di akses kapan saja dan di mana saja.

“Materi pelajaran yang rumit membuat banyak orang tua merasa anak-anaknya membutuhkan tambahan belajar di luar sekolah. Masalahnya, biaya bimbel sangat mahal dan tidak semua bimbel memiliki kualitas yang baik. Kami berharap ruangbelajar bisa dijangkau oleh semua kalangan siswa di Indonesia,” terang Belva.

 

Baca Juga :