Posko Penerimaan Peserta Didik Baru untuk Bantu Yang Gaptek

Posko Penerimaan Peserta Didik Baru untuk Bantu Yang Gaptek
Posko Penerimaan Peserta Didik Baru untuk Bantu Yang Gaptek

Penerimaan peserta didik baru (PPDB) berbasis online sering membuat orang tua

kebingungan mendaftarkan putra putrinya ke sekolah. Keresahan itulah yang kemudian ditangkap Garda Muda Bibit Unggul (GMBU) Kota Surabaya. Organisasi yang beranggota penerima beasiswa bibit unggul Pemkot Surabaya tersebut mendirikan posko pendampingan PPDB di Balai RW II Krembangan Bhakti.

Ketua GMBU Achmad Zainuri menuturkan, posko pendampingan PPDB tersebut merupakan bentuk tanggung jawab anggota kepada warga Surabaya yang mengalami kesulitan. Khususnya orang tua yang kebingungan melakukan proses PPDB.

Posko itu melayani setiap pendaftar dari berbagai jenjang. Mulai SD, SMP, hingga SMA/SMK.

’’Semua akan kami layani. Baik dari jalur reguler, mitra warga, maupun prestasi,’’ ujar lelaki 22 tahun itu.

Posko pendampingan PPDB dibuka setiap hari hingga 16 Juni. Pendaftaran PPDB dilangsungkan pukul 08.00–15.00. Untuk mendaftar, orang tua tinggal membawa berkas kelengkapan yang disyaratkan dalam PPDB. Setelah lengkap, pendaftaran online akan dilakukan Tim GMBU yang stand by di posko.

Tidak hanya membantu proses pendaftaran, posko pendampingan PPDB juga membuka jasa konsultasi untuk orang tua. Tim akan membantu orang tua untuk memilihkan sekolah yang cocok dengan kondisi sang anak.

Konsultasi tersebut diberikan karena banyak orang tua yang belum menyadari kondisi sang anak.

Ada orang tua yang memaksakan kehendak pada anak untuk melanjutkan pendidikan ke sekolah tertentu. Terutama di sekolah favorit. Padahal, nilai unas putranya tidak tinggi. Putranya otomatis tidak bisa diterima di sekolah tersebut.

Meski begitu, konsultasi yang diberikan hanya berupa pertimbangan. Bukan sebuah keputusan mutlak yang harus dituruti orang tua. ’’Seluruh wewenang tetap berada di tangan orang tua,’’ tutur alumnus Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) tersebut.

Perkembangan siswa yang telah mendaftar melalui bantuan posko pendampingan PPDB juga akan dipantau hingga pengumuman. Jika siswa diterima, tim posko akan menghubungi orang tua melalui telepon dan pesan singkat.

 

Baca Juga :