Table of Contents

Gen

Gen adalah suatu unit terkecil dari bahan sifat-sifat mengalami penurunan bersama dengan ukuran 4-50 mikron, yang bertugas menyampaikan Info genetik dalam pewarisan sifat. Pada tahun 1902, Boveri dan W. S. Sutton memperlihatkan bahwa gen adalah bagian dari kromosom yang terletak berderet-deret secara teratur terhadap kromosom. Gen terletak di dalam kromosom, yaitu di suatu tempat yang disebut lokus.

Gen-gen berikut keluar berjajar dari atas ke bawah sepanjang garis vertikal, yang merupakan simbol dari kromosom. Huruf abjad ada yang ditulis bersama dengan huruf besar dan kecil. Huruf besar memperlihatkan cii-ciri yang dominan dari gen, sedang huruf kecil memperlihatkan cii-ciri yang resesif dari gen. Gen-gen yang menampakkan senyawa kimia sebagai substansi hereditas mempunyai sifat-sifat sebagai berikut;
Sebagai zarah tersendiri yang terdapat dalam kromosom.
Mengandung Info genetik.
Dapat menduplikasi diri saat berjalan pembelahan sel.
Mempunyai tugas spesifik cocok fungsinya.
Kerjanya ditentukan oleh lapisan paduan basa nitrogennya.

Gen merupakan substansi hereditas yang memiliki fungsi seperti berikut;
Menyampaikan Info genetika dari generasi ke generasi.
Mengontrol dan sesuaikan metabolisme dan pertumbuhan tubuh. Proses reaksi kimia dalam tubuh bisa berjalan secara berurutan. Pada tiap tiap step reaksinya dibutuhkan enzim. Pembentukan dan pengontrolan kerja enzim berikut dijalankan oleh gen. Pada proses pertumbuhan yang butuh hormon terhitung diatur oleh gen.
Menentukan sifat-sifat terhadap keturunannya. Seperti dicontohkan terhadap fakta di depan. Sifat-sifat berikut bisa bersifat warna kulit, bentuk rambut, bentuk badan, dan lain-lain.

Dalam penampakan luarnya, gen bekerja bersama dengan terpengaruh oleh faktor-faktor berikut;
1. Gen yang Dipengaruhi Jenis Kelamin
Gen ini disebut bersama dengan Sex Influenced Gene, merupakan gen dominan yang biasanya memperlihatkan pengaruh serupa terhadap semua jenis, tapi ada gen-gen spesifik yang terpengaruh oleh model kelamin.
a. Gen Kepala Botak

b. Gen jari telunjuk

2. Gen yang Pengaruhnya Terbatas Pada Jenis Kelamin Tertentu
Gen ini disebut Sex Limited Gene, merupakan gen yang hanya terlihat terhadap model kelamin spesifik saja. Misalnya;
Gen pengatur pertumbuhan payudara. Hal ini hanya terlihat terhadap model kelamin wanita.
Gen pengatur ukuran dan bentuk penis. Hal ini hanya terlihat terhadap model kelamin pria.
Gen pengatur cii-ciri kelamin sekunder. Hal ini hanya terlihat terhadap model kelamin tertentu. Sifat kelamin sekunder terhadap pria, pada lain adanya kumis, jakun, suara besar.
Sedangkan cii-ciri kelamin sekunder terhadap wanita pada lain kulit halus, pinggul besar, dan suara tinggi. ciri ciri makhluk hidup tema 1 kelas 3

Demikianlah ulasan perihal Gen, yang terhadap peluang ini bisa dibahas bersama dengan lancar. Semoga ulasan di atas berfaedah bagi para pengunjung ataupun pembaca. Cukup sekian, kurang lebihnya mohon maaf, semoga kamu sukses.

baca juga :