SMKN 4 Ambon Ditunjuk Sebagai Job Matcing Di Maluku

SMKN 4 Ambon Ditunjuk Sebagai Job Matcing Di Maluku
SMKN 4 Ambon Ditunjuk Sebagai Job Matcing Di Maluku

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 4 Ambon ditunjuk sebagai sekolah penyelenggara kegiatan Job Matcing di Provinsi Maluku.

Job Matcing bertujuan untuk mengurangi pengangguran di Provinsi Maluku, karena Job Matcing ini bekerja sama dengan dunia usaha/industri,”kata Ketua tim Job Matcing Melki Payara, SPd di Ambon, Senin (23/10/2017).

Menurut Payara, telah dilaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) Job Matcing pada hari Sabtu 21 Oktober 2017, dan SMK Negeri 4 Ambon ditunjuk sebagai sekolah penyelenggara Job Matcing.

Job Matcing sudah ada di seluruh Indonesia dan di Provinsi Maluku Job Matcingnya agak terlambat, karena Maluku terdiri dari pulau-pulau dan ada 50 sekolah kejuruan yang tersebar di Maluku.

“Kami akan mendatakan seluruh sekolah SMK di Maluku atas anak-anak yang sudah lulus

dari sekolahnya, namun tidak bisa melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi karena orang tuanya tidak mampu,”ucapnya.

Dikatakan, tanggal 27 Okteber 2017 akan dilakukan MoU antara beberapa Perusahaan dengan Job Matcing, yang akan dihadiri oleh pihak Kementerian Tenaga Kerja RI dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Promal.

Sementara itu Kepala SMK Negeri 4 Ambon Drs. Chris Oktolseja mengatakan

, banyak anak-anak Maluku lulusan SMK yang menganggur. Namun, melalui Job Matcing mereka bisa mendaftarkan diri untuk bekerja di dunia usaha/industri.

Oktulseja juga menyebutkan, perusahan bisa memberikan peluang untuk sekolah agar anak-anak lulusan SMK bisa mengetahui informasi lewat Job Matcing, karena Job Matcing menjembatani hubungan antara sekolah dengan dunia industri.

“Melalu Job Matcing anak-anak bisa mengetahui informasi serta menyiapkan data-data untuk diberikan kepada pihak sekolah guna disampaikan ke dunia usaha/industri,”ungkapnya.

Ditambahkan, sarana dan prasana pada SMK Negeri 4 Ambon masih kurang

dan diharapkan ada perhatian dari Pemerintah Daerah. Selama ini pihaknya masih menggunakan peralatan riil seadanya, sementara daerah lain sudah menggunakan alat-alat yang canggih.

Diharapkan, melalui kegiatan Job Matcing ini Pemerintah Daerah bisa melihat kekurangan-kekurangan yang ada pada SMK-SMK di Maluku.(TM)

 

Sumber :

https://indianapoliscoltsjerseyspop.com/sejarah-gajah-mada/