Sistem Pendidikan Indonesia Menyedihkan, Benarkah?

Pendidikan di Indonesia memang tidak pernah berakhir untuk diperbincangkan. Ada saja urusan – urusan yang menjadi pembicaraan tentang edukasi di Indonesia. Tak melulu soal kelebihan pendidikan di Indonesia yang paling minim dan kalah saing dengan negara lain bakal tetapi pun soal sistem edukasi di Indonesia yang masih paling sulit dengan cetakan siswa yang masih tidak sedikit kurang kualitasnya.

Ini yang lantas menjadi problematika yang mesti segera dituntaskan. Hanya saja tak tidak sedikit pihak yang memberikan sokongan penuh atas penuntasan problematika tersebut sendiri. Bahkan pemerintah pun terkesan lamban dalam penanganan sekian banyak problematika yang terjadi atas dunia edukasi yang sedang berlangsung. Lalu apa saja sebetulnya yang menjadi dalil bahwa memang tepat disebutkan pendidikan di Indonesia punya sistem yang menyedihkan? Berikut kabarnya untuk Anda. Informasi ini bukan guna menyudutkan sistem edukasi Indonesia melulu saja semoga menjadi petuah supaya harapan anak bangsa mendapatkan edukasi yang lebih layak dapat terwujudkan.

Alasan Mengapa Sistem Pendidikan Di Indonesia Menyedihkan

Akreditasi di Indonesia yang tidak cukup baik
Kalau anda bandingkan antara akreditasi edukasi Indonesia dengan Finlandia yang familiar sebagai basis edukasi terbaik di dunia memang paling jauh berbeda. Akreditasi di Finlandia tidak didapat dari pemerintah tetapi dari masyarakat. Jadi, intinya penduduk yang menilai langsung apakah anak mereka semakin cerdas dan baik di sekolah atau justeru sebaliknya. Dengan begini seluruh orang dan seluruh pihak bakal lebih greget dalam peningkatan edukasi secara bareng – sama dan merata. Sekarang anda lihat di Indonesia, Indonesia merealisasikan akreditasi pemerintah sedangkan pemerintah tidak punya perhatian besar secara langsung atas pertumbuhan anak didik.

Kurikulum yang digunakan
Sekarang anda coba tengok lagi sistem edukasi yang terdapat di Finlandia. Disana kurikulum edukasi dikemas cocok dengan kelebihan masing – masing daerah. Dan di Indonesia urusan ini tidak terjadi. Di Indonesia kurikulum dilaksanakan secara serentak dari pemerintah yang mesti ditaati seluruh elemen dan jajaran edukasi di seluruh wilayah. Idealnya, andai Anda orang Papua pribumi dan mesti menelan masakan Jawa, pasti akan kendala bukan? Ini yang terjadi dan menjadi ketimpangan mengenai sistem edukasi Indonesia.

Ujian yang diselenggarakan
Di Finlandia, tak terdapat yang namanya ujian nasional. Ujian yang dilaksanakan di Finlandia cocok dengan hasil proses pembelajaran masing – masing anak. Dengan begitu anak dapat lebih mengeksplor keberhasilan diri sendiri tanpa menyaksikan potensi anak lain sebab pada masing – masing anak punya perbedaan potensi. Dan urusan semacam ini tidak terjadi di Indonesia.

Kiranya itulah beberapa dalil mengapa tidak sedikit dikatakan sistem edukasi yang terdapat di Indonesia paling menyedihkan. Banyak perombakan namun tak terdapat pembuahan hasil yang efektif dan efisien. Semoga informasi mengenai Alasan Mengapa Sistem Pendidikan Di Indonesia Menyedihkan bermanfaat.

Sumber : https://www.livenude.be/external_link/?url=http%3A%2F%2Fwww.pelajaran.co.id&domain=www.pelajaran.co.id