Permainan Yang Dapat Bantu Asah Otak Anak

Tahukan, Ibu, di samping belajar, kepintaran otak si Kecil juga dapat terasah melewati permainan, lho. Permainan yang menajamkan otak anak, atau memicu kerja benak anak, paling diperlukan untuk si Kecil sebab perkembangan benak akan sehubungan dengan tidak sedikit hal dalam memaksimalkan tumbuh kembangnya.

Seperti yang anda ketahui, benak terbagi menjadi dua unsur besar, yaitu benak kanan dan benak kiri. Otak kanan tidak sedikit berperan guna daya kreativitas, khayalan serta intuisi, sementara benak kiri mengendalikan keterampilan membaca, menulis, matematis dan logika.

Terkadang orang tua ingin mementingkan keterampilan otak kiri, padahal dua-duanya sangatlah penting. Nah, ada sejumlah cara yang bisa Ibu kerjakan untuk menyeimbangkan pertumbuhan keduanya, salah satunya melewati permainan. Lalu, mainan dan permainan apa saja, sih, yang terbukti ampuh untuk menajamkan otak si Kecil? Yuk, intip sejumlah contohnya inilah ini!

Bermain peran
Bermain peran tak melulu bersangkutan dengan film atau drama, tetapi sesederhana bermain menjadi dokter dan pasien atau polisi dan penjahat pun dapat mengasah benak si Kecil. Di samping daya ingatnya yang terlatih, si Kecil pun belajar untuk beranggapan secara fleksibel.

Bermain detektif
Permainan ini laksana berburu harta karun. Ibu dapat menyembunyikan sebuah benda, lalu menciptakan peta atau sejumlah petunjuk simpel untuk si Kecil ikuti. Biarkan ia belajar memecahkan teka-teki dan menggali solusi sendiri hingga sukses menemukan benda tersembunyi tersebut.

Taman bermain
Tak butuh ke Mall untuk dapat menikmati serunya taman bermain. Ibu dan si Kecil dapat menciptakan taman bermain sendiri. Gunakan sekian banyak barang di rumah, laksana kursi, bantal, meja, selimut dan sebagainya. Asah benak anak dan kreativitasnya guna menciptakan sekian banyak rintangan yang berbeda.

Lego
Mainan klasik ini semakin terbukti ampuh untuk menajamkan otak anak supaya cerdas. Ia dapat belajar merangkai potongan balok sesuai tuntunan yang diserahkan ataupun bebas mengekspresikan imajinasinya. Melalui lego, si Kecil mengenal konsep desain, arsitektur dan bangunan. Tak melulu mengasah otak, tapi pun kreativitasnya.

Puzzle
Satu lagi permainan yang menajamkan otak anak. Mainian klasik yang satu ini pun tak kalah familiar dengan lego, yakni puzzle. Mainan ini tak melulu menjadi kesayangan anak kecil saja, namun pun orang dewasa, sebab memang ampuh untuk memicu otak. Si Kecil bisa belajar menggabungkan potongan puzzle sampai menjadi suatu gambar. Dengan begitu secara tidak langsung ia pun belajar guna memecahkan masalah.

Flash card
Melalui permainan ini, si Kecil bisa belajar mengenal tidak sedikit hal, laksana gambar, angka, huruf, warna, bentuk, fauna dan sebagainya. Walau terkesan paling sederhana, tetapi mempunyai efek yang luar biasa, khususnya dalam memicu daya ingatnya.

Baca Juga :