Pendidikan Tepat Bagi Anak Usia Dini

Anak umur dini mempunyai karakter bertolak belakang dan teknik mendidik yang bertolak belakang pula, untuk tersebut setiap anak butuh dibimbing. Sesuai dengan Undang-undang Sisdiknas tahun 2003 pasal 1 ayat 14, upaya pembinaan ditujukan untuk anak umur 0-6 tahun melewati Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Masa umur dini biasa dinamakan masa golden age atau masa keemasan. Pada masa ini, benak anak merasakan perkembangan yang pesat, tidak cukup lebih 80%. Anak bisa mempelajari sekian banyak macam kemampuan dan dapat menyerap informasi paling tinggi. Bahkan karakter atau perilaku mereka saat dewasa nanti mulai terbentuk ketika usianya masih dini.

Melihat alangkah pentingnya masa golden age ini terkadang menciptakan ayah bunda bingung mengenai bagaimana menyerahkan pendidikan guna buah hati tercinta? Pendidikan laksana apa yang butuh diterapkan pada anak? Hingga institusi apa yang dapat membimbing anak umur dini?

Ketika anak merasa belajar tersebut menyenangkan, maka bakal tumbuh fondasi karakter Minat belajar yang menggelora dari dalam dirinya sendiri, tanpa adanya paksaan dari orang tua, guru, dan siapa pun.

Dalam hal menyusun dan menumbuhkan karakter Minat belajar membutuhkan proses yang panjang, sebab karakter insan tidak terjadi secara otomatis. Karakter tidak terbentuk dalam masa-masa 1 atau 2 bulan saja, namun perlu pembiasaan sehari-hari, sampai-sampai waktu yang sangat tepat yaitu dibuka dari masa golden age.

Masa golden age ini adalahmasa kritis atau “critical period” untuk menyusun karakter seseorang semenjak usia dini. Keberhasilan atau kegagalan pengembangan kepintaran intelektual, emosional dan spiritual anak tidak jarang terletak pada kebodohan orang tua tentang kesempatan masa golden age ini.

Sumber : studybahasainggris.com/