GRCC 2018 Memberikan Penghargaan Kepada Penggiat Taman Bacaan dan Komunitas Baca

GRCC 2018 Memberikan Penghargaan Kepada Penggiat Taman Bacaan dan Komunitas Baca
GRCC 2018 Memberikan Penghargaan Kepada Penggiat Taman Bacaan dan Komunitas Baca

Toko buku Gramedia dibawah naungan PT. Gramedia Asri Media menggelar tempat bacaan

dengan tajuk Gramedia Reading Community Competition 2018 (GRCC). Kegiatan ini untuk lebih meningkatkan tumbuh kembangnya, taman bacaan dan minat baca.

Penggiat literasi dan duta literasi Dikbud, Maman Suherman mengatakan dirinya sama sekali tidak setuju dan tidak sepenuhnya benar dengan adanya anggapan kalau minat baca orang Indonesia terbilang rendah. Yang terjadi adalah karena banyak orang yang mau membaca tapi akses untuk mendapatkan buku bacaan itu yang cukup jauh. Dan itu bisa dilihat mereka yang tinggal dan berada di Indonesia Timur.

“Mereka yang berada di Indonesia timur, kecepatan membaca beberapa SD di sana setengah

dari kecepatan membaca teman-teman yang ada di Jakarta,” ujar Maman Suherman

Untuk itu minimnya kegiatan seputar literasi di Indonesia timur tak sepadan dengan mereka yang berada di ibu kota. Makanya lewat Gramedia Reading Community Competition 2018 ini adalah salah satu cara untuk mengapresiasikan semua taman baca dari Sabang sampai Merauke.

Sebanyak 20 taman dan komunitas baca dari Aceh hingga Papua telah terpilih untuk menerima penghargaan. Mereka merupakan juara dari 5 wilayah regional yang sebelumnya telah ditentukan oleh Gramedia. Kelima regional ini dibentuk karena setiap wilayah memiliki tantangan dan karakteristik yang berbeda, sehingga tidak ada juara nasional.

Adapun kelima regional tersebut adalah Regional Sumatera, Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat.

Jawa Tengah dan D.I.Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, NTB, dan Kalimantan, serta Regional NTT, Sulawesi, dan Indonesia Timur.

Selanjutnya, mereka yang terpilih akan mendapatkan development funding berupa hadiah dan donasi buku selama 1 tahun. Selain itu, mereka juga memiliki kesempatan untuk berkolaborasi dalam acara literasi di wilayah masing-masing bersama Gramedia.

Selain penganugerahan pemenang GRCC 2018, Gramedia juga akan meluncurkan website baru bernama www.literasinusantara.com. Situs web tersebut dirancang khusus untuk mewadahi informasi mengenai literasi, seperti artikel, aktifitas, profil komunitas/taman baca, forum diskusi dan acara terkait literasi yang diselenggarakan oleh Gramedia. Secara khusus, didalam website ini tersedia pilihan menu donasi untuk para penggiat literasi, khususnya para pemenang GRCC.

 

Sumber :

https://t.me/belajarngeblogbareng/13