Table of Contents

Penyebab Kesepian

Setidaknya ada penyebab pokok mengapa seseorang hari-hari ini menjadi begitu kesepian? Pertama adalah Penyebab Sosial. Mobilitas kehidupan modern menyebabkan banyak orang tidak bertumbuh dengan baik dalam hal kerohanian. Mereka memiliki banyak kenalan, tetapi jarang memiliki persahabatan yang dalam dan tahan lama.

Mengapa bisa seperti itu? Jawabannya adalah karena adanya persaingan hidup. Suka atau tidak suka, manusia saat ini begitu sibuk mencapai dan menomorsatukan kesuksesan. Kompetisi hidup tersebut mendorong orang lain menjauhi orang lainnya, bukannya menarik mereka mendekati orang tersebut.

Sebagian orang merasa kesepian karena takut bahaya yang sesungguhnya muncul baik di kota besar maupun kota kecil. Orang-orang yang sudah lanjut usia takut diserang penyakit. Orang-orang yang tinggal di perumahan memasang kunci dobel bahkan tripel di pintu mereka. Mereka takut berbicara dengan orang asing, dan dalam hal ini mereka tidak dapat disalahkan. Selain kedua hal yang disebutkan tadi, masih ada berbagai penyebab sosial dari kesepian tetapi kedua hal yang dibahas tadi bisa melukiskan bagaimana kehidupan sosial menjadi penyebab dari kesepian.

Penyebab kedua adalah Penyebab Psikologis. Harus diakui interaksi antar manusia membawa dampak yang kurang baik juga terhadap individu yang berinteraksi tersebut. Penolakan, diremehkan orang lain, perasaan bersalah adalah tiga dari banyak hal penyebab psikologis yang dapat menjadikan seseorang begitu kesepian.

Hal-hal psikologis seorang yang kesepian adalah hal-hal yang tersulit untuk disembuhkan atau dipulihkan dari orang itu. Karena itu biasanya agar orang bisa terlepas total dari perasaan kesepiannya, penyebab psikologis ini haruslah ditanggulangi.

Penyebab terakhir dari kesepian adalah penyebab rohani. Kehidupan seseorang di dunia ini hakikatnya tidak dapat dipisahkan dengan kehidupan rohani yang ia jalani. Sebagai orang percaya, kita mengerti bahwa hubungan Anda dengan Tuhan akan sangat mempengaruhi hubungan kita dengan orang-orang di sekeliling kita. Ketika kita meninggalkan Tuhan, dengan sengaja, sebenarnya kita membuka jalan masuk bagi kesepian.

Sumber : https://blog-fiesta.com/