Table of Contents

ekonomi koperasii

ekonomi koperasii
ekonomi koperasii

Koperasi itu sebetulnya ada banyak, tp untuk pengalaman aq menjadi anggota koperasi hanya dalam lingkup “Koperasi Sekolah”. Koperasi Sekolah adalah koperasi yg didirikan di lingkungan sekolah yg anggotanya terdiri atas siswa sekolah.

Pada saat itu aq berusia 15 taun. Mmmmhh.. tertarik untuk ikut dlm keanggotaan koperasi itu pd saat duduk di bangku SMP kelas 3. Coz waktu itu kelas aq tepat bersebelahan dng koperasi sekolah. Mulanya ruangan koperasi cm ingin di jadiin tempat kumpul sm temen” sambil bantuin ibu koperasi, soalnya beliau menjaga koperasi sendiri. Sedangkan kalau waktu istirahat di koperasi itu “full” bgt!! sampai” beliau kerepotan. hhe 🙂

Nahh.. yg awalnya koperasi tsb cuma koperasi yg beranggotakan guru”, akhirnya koperasi itu terbentuk menjadi koperasi sekolah yg beranggotakan seluruh siswa, guru & aparat sekolah lainnya. Walau siswinya yg menjadi anggota kurang lebih 10 org namun kerja kami cukup membantu bagi kelancaran koperasi tsb.

Koperasi sekolah aq SMP itu dibawah pengawasan KepSek, di bimbing oleh Guru dann beranggotakan para siswa/i. Koperasi sekolah ini menjual alat” tulis seperti: Buku, Pensil, Pulpen, dll. selain itu koperasi tsb menjual nasi goreng dan nasi kuning juga lhoo!!!

Waktu pertama masuk menjadi anggota aq dikenai biaya Rp 20.000,- untuk simpanan pokok, Rp 5.000,- /bln untuk simpanan wajib. Simpanan tsb tidak boleh diambil selama aq masih menjadi anggota. Simpanan lain juga ada yaitu Simpanan Sukarela (simpanan yg dapat diambil kapan saja) yaa bisa disebut sebagai tabungan bagi anggota gitu dech…

Pengalaman yg bisa aq petik selama menjadi anggota koperasi yaitu menambah wawasan berorganisasi, di lingkungan sekolah, menjadikan aq seseotang yg mempunyai rasa bertanggung jawab, disiplin, setia kawan, berjiwa koperasi dan lebih menghargai waktu.

Tujuan Koperasi Sekolah itu sendiri didirikan untuk menyejahterakan seluruh anggota koperasi pd khususnya dan masyarakat pd umumnya. Dimana harga barang nya terjangkauuu..

Itulah sepercik pengalaman yg aq dpt. Semoga karya tulis ini tidak membosankan untuk pembaca dan semoga km ato kalian yg belum pernah menjadi anggota koperasi tertarik menjadi anggota koperasi. Ayoo dungggg bergabung dlm KOPERASI…

Sumber : https://abovethefraymag.com/