Notebook Masa Kini Vs MacBook Air

Notebook Masa Kini Vs MacBook Air
Notebook Masa Kini Vs MacBook Air

Memasuki pergantian tahun 2011 menuju tahun 2012, ada satu teknologi yang menarik untuk ditunggu-tunggu . Teknologi apa itu ? Tidak lain adalah Ultrabook. Ultrabook ? Ah, teknologi macam apa lagi ini. Ultrabook adalah perpaduan dua teknologi yaitu Tablet dan Notebook. Dengan Ultrabook, maka efektifitas sebuah Tablet yang tengah naik daun saat ini akan terpadu sempurna dengan produktifitas dan power dari sebuah netbook. Pada hakekatnya ultrabook tidak jauh beda dengan notebook (laptop) juga netbook. Ia juga komputer jinjing untuk mendukung kegiatan sebuah komputasi (mengetik, maen game, berselancar di belantara internet, membuat presentasi dan seterusnya). Fungsinyapun sama, lantas apa yang membedakan ultrabook dengan kedua saudaranya. Ada dua hal : lebih ringan dan lebih tipis. Plus battery life-nya lebih panjang. Ukuran screen di kisaran 11 atau 13Åh. Produksi ultrabook pertama kali menggunakan prosesor Intel CULV dengan kartu grafik terintegrasi, solid-state drive, dan kemasan unibody.
Intel mengklaim nama Ultrabook dengan menginvestasikan dana 300 juta dollar AS. Dengan investasi ini, Intel berharap Ultrabook bisa bersaing dengan perkembangan komputer tablet, yang merupakan kompetitor untuk prosesor ARM. Ultrabook diperkenalkan pertama kali pada Computex 2011, dan Intel percaya penjualan Ultrabook akan meningkat pada akhir 2012, yakni menguasai 40 persen penjualan laptop.
Pesona konsep ultrabook cukup menarik bagi beberapa produsen laptop. Buktinya beberapa produsen laptop seperti Acer, Asus, Dell, HP, Lenovo, LG, Samsung, dan Toshiba mulai memproduksi ultrabook. Sebagian bahkan memperkenalkan ultrabook terbarunya di acara Consumer Electronics Show (CES) 2012 di Las Vegas, 9 hingga 14 Januari 2012.

Karakteristik Ultrabook
Tingkat Respon
· Rapid Start memungkinkan ultrabook meresume dari hibernate dan melakukan koneksi ke internetkurang dari 7 detik.
· Smart Conect akan membangunkan (wake-up) laptop pada user configured schedule untuk mengecek update.
· Smart Respone Technology_performa sekelas SSD.
Security
· Identify Protection Technology_IPT akan me-link PC ke online account sebagai mekanisme autorisasi second-stage.
· Anti-Theft_mendeteksi aktivitas-aktivitas mencurigakan atau lack of “check-in” atau menerima pesan notifikasi pencurian yang dikirim lewat internet.
Media
· Teknologi Intel Insider memberi jalan terpercaya dan terenkripsi bagi penyaluran HD video content.
· Quick Sync Video/Intel media SDK.
· Intel Wireless Display. Aka Wi-Di dan Wireless Audio.
Battery Life
· Menggunakan prosesor “Ultra Low Voltage” keluarga Core generasi terkini.
· Baterai bersegel agar didapat desain ultrabook ekstra tipis.
· Low standby drain via desain terintegrasi supaya komponen tetap bisa lebih mini,
Performa
· Procesor Core generasi kedua (Sandy Bridge).
· Turbo. Core i5 dan i7 menawarkan thermal monitoring yang memungkin CPU dioverlock sampai sistem mencapai heat level. Beberapa ultrabook Core i3 tidak mempunyai fitur ini.
· Gaming. Intel HD Graphic 3000 memungkinkan “casual and mainstrean” going on-chip.

Baca Juga :